Header Ads Widget

iklan banner

Ticker

12/recent/ticker-posts

Kades Adisana Kembalikan Uang Rp 126 Juta ke Kas Desa

 

Kepala Kejaksaan Negeri Brebes menerima pengembalian uang yang diduga merugikan negara dari Kepala Desa Adisana Bumiayu Brebes

Brebes, Jateng | bmnzone.com - Kepala Desa Adisana, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengembalikan uang Rp 126 juta kepada pihak Kejaksaan Negeri Kabupaten Brebes. Uang tersebut dikembalikan karena diduga mengandung unsur merugikan negara terkait pengelolaan dana desa, Selasa (4/5/21).


Baca Juga : Sudah 5 Bulan Guru Honorer K2 di Kudus Belum Digaji

Kades dan Bendahara Desa mengembalikan uang tersebut lewat Kepala Kejaksaan Negeri Brebes, Mernawati dan Kasi Pidsus, Naseh, untuk selanjutnya ditransfer ke rekening Kas Desa.


Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Brebes, Naseh mengatakan bahwa sebelumnya Kepala desa Adisana, Komarudin dilaporkan atas kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dalam pengelolaan insentif pengambilan air bawah tanah tahun 2016 hingga 2019. Ia juga dilaporkan atas pengelolaan kas desa tahun 2016 - 2019, serta pengelolaan keuangan Desa Adisana TA 2019.


"Terlapor atas nama Komarudin Kepala Desa Adisana Kecamatan Bumiayu, telah mengembalikan Rp 126 juta, dan telah kami terima untuk dikembalikan ke kas desa, karena unsur kerugian negara," katanya


“Uang kerugian negara yang dikembalikan ini diserahkan ke kas Desa Adisana. Tahap kasus ini masih dalam penyelidikan oleh Kejari Brebes,” terang Kasi Pidsus Tipikor ini.


Baca Juga : Kapolres dan Dandim Demak Bagi Takjil Bersama


Naseh menerangkan, Komarudin saat ini statusnya masih terlapor. Status kasusnya juga masih penyelidikan. Sehingga belum dilakukan penahanan.


“Perkara ini juga sudah dilakukan gelar perkara di Kejaksaan Tinggi. Karena adanya keputusan bersama MOU antara Kejaksaan, Polri dan Kemendagri, diberikan waktu 60 hari sejak diterbitkan oleh Inspektorat diberikan kesempatan kepada terlapor untuk mengembalikan kerugian negara itu,” jelasnya.


Uang 126 juta yang dibawa Kades dan Bendahara Desa berisi pecahan 100 ribu tersebut, setelah dihitung menggunakan mesin penghitung, kemudian pada langsung ditransfer ke rekening Kas Desa Adisana, Kecamatan Bumiayu, Brebes.

(Nugroho)

Baca Juga : Polres Demak Razia Pemudik Pake Mobil Pickup Modifikasi

Post a Comment

0 Comments