Header Ads Widget

iklan banner

Ticker

12/recent/ticker-posts

Plt. Bupati Kudus Pastikan Dapur Umum Tetap Ngebul

 

Plt. Bupati Kudus HM. Hartopo sedang menyapa relawan di Posko Dapur Umum


Kudus, bmnzone.com - Plt. Bupati Kudus berkeliling meninjau titik - titik bencana banjir yang melanda wilayahnya, diantara yang dikunjungi adalah Desa Setrokalangan Kecamatan Kaliwungu, Desa Payaman Kecamatan Mejobo, dan Desa Jati Wetan Kecamatan Jati Kabupaten Kudus Jawa Tengah, pada Kamis (4/2/21).


Berdirinya dapur umum bagi korban bencana banjir merupakan salah satu bentuk kesiap - siagaan pemenuhan kebutuhan logistik atas bencana yang terjadi, pasalnya masih banyak warga yang enggan untuk dievakuasi ke tempat pengungsian dan memilih untuk tetap tinggal di rumah masing - masing, sehingga mengharuskan para relawan mendatangi rumah - rumah warga yang terendam banjir untuk memberikan suplai makanan.


Dalam tinjauan tersebut, Plt. Bupati Kudus HM. Hartopo juga menyempatkan diri bercengkrama dengan para pengungsi dan relawan di Posko Penanganan Bencana yang ada di Desa Setrokalangan Kecamatan Kaliwungu Kudus untuk memastikan bahwa kebutuhan logistik para pengungsi terpenuhi dan mengapresiasi para relawan yang telah berjuang memenuhi kebutuhan para pengungsi.


"Semua dapur umum yang ada harus terus ngebul, jangan sampai ada warga pengungsi yang kelaparan, relawan - relawan harus tetap siaga, dan untuk semua pihak yang terlibat sebagai relawan saya sangat mengapresiasi atas dedikasinya dalam membantu warga yang terkena musibah banjir ini," ujarnya.


Hartopo juga menyampaikan bahwa disamping pemenuhan logistik makanan, hal yang juga sangat penting adalah mengoptimalkan layanan Posko Kesehatan.


"Posko kesehatan bagi warga telah tersedia secara gratis, silahkan untuk dioptimalkan agar jangan sampai ada warga yang sakit, terlebih saat Pandemi Covid-19 ini, semuanya harus tetap menjaga kesehatan dan jangan lupa protokol kesehatan tetap diterapkan, bagi warga yang mengeluh sakit tapi tidak bisa ke posko nanti petugas akan jemput bola dengan mendatangi ke rumah," pesannya.


HM. Hartopo meninjau langsung lokasi banjir di Tanggulangin Jati Wetan



Terkait keluhan warga adanya limbah yang masuk di pemukiman Dusun Barisan Tanggulangin, Plt. Bupati Kudus menyempatkan datang langsung ke lokasi bencana tersebut.


"Meskipun efek limbah ini belum diketahui asalnya, namun saya berpesan pada pihak Pura untuk selalu memonitor, agar limbah tidak terjadi kebocoran yang berdampak ke pemukiman" jelasnya. 


Kondisi terkini banjir di Dusun Barisan Tanggulangin, saat ini Pintu air Sungai Wulan sudah di buka untuk mengurangi air masuk di dalam pemukiman. Air yang bercampur limbah akan segera disedot agar air yang merendam pemukiman segera surut.


(Rep. Zaky)

Post a Comment

0 Comments