Header Ads Widget

iklan banner

Ticker

12/recent/ticker-posts

Intensitas Curah Hujan Tinggi, Plt. Bupati Kudus Perintahkan Pemeliharaan Tanggul

 

Kondisi debit air sungai yang meluap

KUDUS, bmnzone.com - Beberapa wilayah di Kabupaten Kudus Jawa Tengah terendam banjir, disebabkan dalam beberapa hari ini intensitas curah hujan tinggi.


Diantara wilayah yang terendam banjir salah satunya adalah Kecamatan Mejobo, meliputi Desa Golantepus, Mejobo, Temulus, dan Kesambi. Banjir kali ini disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur sehingga beberapa kali di daerah tersebut meluap mengakibatkan beberapa akses jalan terendam air.


Salah satu daerah yang mendapat perhatian adalah Desa Kesambi, pasalnya desa tersebut terdapat aliran sungai dengan debit air yang mengawatirkan dan telah meluap menggenangi jalan dan pemukiman, dan dikhawatirkan tanggul jebol.




Melihat kondisi tersebut Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kudus H.M. Hartopo didampingi Kapolres Kudus (AKBP) Aditya Surya Dharma, Plt. Kepala Dinas PUPR Kudus Arief Budi Siswanto, Kepala Pelaksana Harian BPBD Kudus Budi Waluyo, Camat Mejobo, dan Kepala Desa Kesambi. memantau kesiapsiagaan bencana di Desa Kesambi Kecamatan Mejobo, pada Selasa (19/1/21).   


Plt. Bupati Kudus mengarahkan agar PUPR,BPBD, BBWS Pemali Juana, dan pemerintah kecamataan dapat berkoordinasi untuk mengantisipasi banjir. 


"Kedepan saya instruksikan agar membentuk tim untuk memantau dan merawat tanggul saat musim kemarau untuk mengantisipasi tanggul jebol", ujarnya.


Sementara itu Camat Mejobo, Muhammad Fitriyanto mengatakan bahwa, Desa Kesambi akses jalan menuju pemukiman terendam air setinggi 10-20 sentimeter, dan akses jalan menuju pemukiman di Desa Temulus terendam setinggi 30-50 sentimeter.


‘’Kalau hari ini hujannya sudah reda, genangan tersebut bisa cepat surut, namun kondisi tanggul yang dilalui dua sungai tersebut kondisinya juga sudah mengkhawatirkan, dan perlu dilakukan penanganan segera,’’ katanya.

(AF)

Post a Comment

0 Comments